KSB… Bumi Pariri Lema Bariri

Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) adalah kawasan di sebelah barat pulau Sumbawa. Kabupaten yang terbentuk sejak 20 November 2003 yang lalu ini terdiri dari 8 kecamatan yang membentang dari pelabuhan ferry yang terletak di Poto Tano, sampai kecamatan Sekongkang tempat dimana tambang raksasa PT Newmont Nusa Tenggara berada.

Pariri Lema Bariri, demikian motto KSB. ‘Pariri’ dalam bahasa Sumbawa berarti menghimpun, memperbaiki, membangun, atau merawat  secara berkesinambungan. ‘Lema’ berarti agar atau supaya, sedangkan ‘Bariri’ memiliki arti berguna atau bermanfaat. Jadi motto daerah ini dapat diartikan sebagai semangat masyarakat KSB untuk membangun daerahnya agar lebih maju dan bermanfaat bagi semua.

KSB memiliki banyak potensi mulai dari mineral yang berada di perut buminya hingga pemandangan alam yang elok tersebar di berbagai tempat di KSB. Sebut saja Gili Kenawa di wilayah Poto Tano, Pantai Jelengah di Jereweh, Pantai Maluk, Pantai Lawar di Sekongkang, desa Mantar lokasi syuting film “Serdadu Kumbang” dan banyak lagi tempat-tempat indah untuk di jelajah di wilayah KSB.

Image

Poto Tano, Sumbawa Barat

Leave a comment